LANAL BENGKULU MELAKSANAKAN SOSIALISASI PROTAP GEMPA BUMI DAN TSUNAMI KEPADA UNSUR MARITIM KOTA BENGKULU

Bengkulu 14 April 2011 - Semua mengetahui/ menyadari bahwa wilayah Prov. Bengkulu, khususnya untuk wilayah-wilayah yang berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia, memiliki potensi kerawanan terhadap bencana alam gempa bumi dan tsunami.
     Lanal Bengkulu memandang perlu hal tersebut, untuk membuat protap gempa bumi dan tsunami yang harus disosialisasikan kepada masyarakat pesisir, tujuan utama memperkecil resiko terjadinya korban dengan lebih waspada dan lebih mempersiapkan diri serta menghindari kepanikan yang berlebihan.
     Sehingga pada hari Selasa, 12 April 2011 pukul 09.30 s.d 13.00 Wib bertempat di Aula Bahari PT. Pelindo-II Cab. Bengkulu, melaksanakan sosialisasi protap gempa bumi dan tsunami, pemapar Lettu Laut (P) Nano Harsono, S.Sos dengan nara sumber Danlanal Bengkulu Letnan Kolonel (P) Dery Triesananto Suhendi dan Pasops Lanal Bengkulu Kapten Laut (P) Zul Fahmi.
Menyampaikan hal-hal yang harus disiapkan, penataan ruangan yang benar, sistim kunci pintu rumah yang muda dibuka, memahami/ mengetahui daerah ketinggian terdekat yang ada disekitarnya, adanya Pos Siaga jaga malam untuk membangunkan warga, untuk antisipasi jika terjadi pada tengah malam.
     Sosialisasi gempa bumi dan tsunami berjalan lancar dan tertib, dihadiri oleh ; GM. Pelindo-II Bapak Ade Hartono beserta staf dan beberapa Staf Adpel Pulau Baii Bengkulu serta para pengguna laut (Injasmar), diikuti oleh peserta lainnya ± 75 orang.
Dalam waktu dekat akan dilaksanakan Penyusunan Protap gempa, untuk instansi-instansi maritim dan pengguna jasa yang berada disekitar Pelabuhan Pulau Baii Bengkulu dengan instansi dari
                                                                                                          Lanal Bengkulu.( Pasintel )