KASAL : Konsep Semangat Baru TNI AL Untuk Mengubah Cara Berpikir Kreatif Dan Inofatif

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., mengungkapkan bahwa untuk meningkatkan moril prajurit TNI Angkatan Laut telah dikeluarkan suatu konsep yang diberi nama “Semangat Baru TNI Angkatan Laut” (The New Spirit of the Indonesian Navy). Semangat Baru adalah sebuah semangat yang ditumbuhkembangkan dalam jiwa setiap prajurit untuk dapat mendorong memiliki motivasi dan mengubah cara berpikir yang lebih kreatif dan inovatif.

Konsep Semangat Baru TNI Angkatan Laut tersebut merupakan salah satu Pokok-Pokok Kebijakan Kasal Laksamana Madya TNI Agus Suhartono, S.E., yang dikemukakan kepada peserta Rapim TNI AL Tahun 2010 di Mabes TNI AL Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (27/1).

Yang dimaksud konsep Semangat Baru atau The New Spirit of the Indonesian Navy, lanjut Kasal adalah sebuah dorongan Pemimpin TNI Angkatan Laut dalam rangka mengurai permasalahan personel tentang pengaruh keterbatasan anggaran terhadap cara berpikir dan moril serta moral prajurit. “Pemecahan masalah tersebut dengan membangun semangat baru melalui perubahan paradigma cara berpikir menjadi lebih kreatif dan inovatif, serta meningkatkan moril dan moral. Konsep semangat baru diimplementasikan melalui pembinaan terhadap personel dan organisasi bersamaan dengan menumbuhkembangkan nilai-nilai kehormatan, kejujuran, dedikasi, loyalitas, profesionalisme dan keberanian,” tegas Laksdya TNI Agus Suhartono, S.E.

Pada kesempatan tersebut, Kasal Laksdya TNI Agus Suhartono, S.E., meluncurkan buku yang berjudul “Semangat Baru TNI Angkatan Laut” sebagai pedoman untuk menumbuhkembangkan semangat baru para prajurit TNI Angkatan Laut.

“Semoga tujuan kita untuk mengubah cara berpikir dan memperbaiki moril maupun moral dapat terwujud. Untuk itulah, nilai-nilai yang sudah kita canangkan tersebut agar didengungkan baik di ruang kerja, Alutsista maupun di Satuan – Satuan Darat TNI Angkatan Laut,” tegasnya. (Dispenal)