STRUKTUR ORGANISASI LANAL BENGKULU




SEJARAH LANAL BENGKULU



Lanal Bengkulu resmi berdiri sebagai Pangkalan TNI AL (Lanal) dibawah jajaran Armada R.I. Kawasan Barat (Armabar) pada tanggal 24 April 1986, dengan Komandan Lanal (DanLanal) pertama adalah Letkol Laut(P) Priyadi Warsito.

Tugas pokok Lanal Bengkulu disamping sebagai bagian dari SSAT (Sistem Senjata Armada Terpadu) dimana kehadiran pangkalan menjadi peranan penting dalam mendukung kesiapan operasional Armada juga menjadi bagian dalam menegakkan hukum dan kedaulatan dilaut.

Panjang pantai yang menjadi wilayah kerja Lanal Bengkulu adalah sekitar 600Km dengan luas perairan 740.000 Km persegi yang meliputi laut kepulauan, teritorial, zona tambahan dengan ZEE. Dalam melaksanakan tugasnya, disamping Lanal Bengkulu memiliki dua Kapal Angkatan Laut (KAL): KAL ENO dan KAL RSN, Lanal Bengkulu senantiasa didukung oleh unsur-unsur kapal atas air dan pesawat udara yang melaksanakan patroli dibawah kendali Gugus Tempur Laut Armabar.

Untuk mempermudah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya, Lanal Bengkulu membawahi beberapa Pos TNI AL (Posal) agar dapat memantau dan mengambil tindakan dini dalam menegakkan hukum dan kedaulatan dilaut, yaitu Posal Mukomuko, Posal Pulau Enggano, Posal Linau, Posal Manna, Posal Pulau Baai, Posal Seblat, dan pada saat ini sedang dipersiapkan untuk segera berdiri adalah Posal Seluma dan Posal Benteng.

Hingga saat ini mantan DanLanal yang pernah memimpin Lanal Bengkulu adalah: Letkol Laut (P) Priyadi Warsito, Letkol Laut (P) Tabrani Undu, Letkol Laut (P) Rahardjo, Letkol Laut (P) Bachtiar Harahap, Letkol Laut (P) Simon Silalahi, Letkol Laut (P) Abdul Muid Umri, Kol Laut (P) Hartolo, Kol Laut (P) S. Marpaung, Kol Mar Dannyswara, Kol Laut (P) Bangun Husodo, Letkol Laut (P) Lilik Abu S, Letkol Laut (P) R. Teguh Isgunanto, Letkol Laut (P) TSNB. Hutabarat, Letkol Laut (P) Sukrisno, ST dan Letkol Laut (P) Dery Triesananto Suhendi.

Lanal Bengkulu dan Jajarannya

I. Patkamla (Patroli Keamanan Laut)
1. KAL Enggano II-2.2-01
2. KAL Ratu Samban II-2.2-02
3. Patkamla Pulau Mega II-2.2-03
4. Patkamla Pulau Dua II-2.2-04
5. Patkamla Pulau Baai II-2.2-05

II. Posal (Pos TNI AL Bengkulu)
1. Posal Mukomuko
2. Posal Pulau Enggano
3. Posal Linau
4. Posal Manna
5. Posal Pulau Baai
6. Posal Seblat