PENUTUPAN PENGAMANAN OBYEK VITAL MARITIM KOTA BENGKULU

Bengkulu 28 Juni 2011 - Pada hari Selasa, 28 Juni 2011 pukul 12.00 Wib di Ruang Rapat Mako Danlanal Bengkulu Letkol Laut (P) Dery Triesananto Suhendi selaku Komando Pengendali Pengamanan Obyek Vital Maritim, pada hari “H” dan jam “J” tersebut diatas giat Pam Obvitmar-2011 untuk sementara “Dinyatakan dicabut/ ditutup” dengan Status Waspada siaga-III, yang dihadiri pejabat PFSO ( Port Fasility Security Officer) Pelindo Bengkulu Bapak Sabar dan semua anggota yang terlibat pengamanan tersebut.
Yang diawali dengan laporan dan evaluasi hasil pelaksanan tugas Pengamanan Obyek Vital Maritim oleh Pasintel Lanal Bengkulu, dengan hasil yang dicapai, sbb ;
1. Pada umumnya masyarakat Bengkulu memahami akan fungsi strategis pentingnya Obyek Vital Maritim bagi perkembangan roda pembangunan wilayahnya, khususnya area depot PT. Pertamina Pulau Baai dan Pelabuhan Nusantara Kota Bengkulu .
2. Baik secara Tertutup maupun Terbuka dapat terlaksana sistim pengamanan yang sinergis antara pihak TNI AL dhi Lanal Bengkulu dengan Apkam samping dan security area Depot Pertamina serta security Pelabuhan Nusantara Kota Bengkulu .
3. Dalam mengantisipasi segala kemungkinan kerawanan gangguan keamanan dari, di dan lewat laut, pihak Lanal Bengkulu mengoperasionalkan Patkamla diperairan sekitar Obyek Vital Maritim, khususnya diarea sekitar jalur pipa distribusi BBM .
4. Pada hari Rabu, 22 Juni 2011 pukul 10.30 s.d 13.00 Wib Danlanal Bengkulu selaku Komando Pengendali Operasional Pengamanan Obyek Vital Maritim, chek langsung dermaga kapal tanker Pertamina dan jalur distribusi BBM.
Kesimpulan ;
Secara umum kegiatan Pengamanan Obyek Vital Maritim dari tanggal 24 Mei s.d 28 Juni 2011 (± 36 hari), kegiatan berjalanan lancar, aman terkendali serta sampai saat ini belum ditemukan pengaruh adanya kegiatan kontra intelijen lawan, yang perlu mendapatkan perhatian khusus selama pelaksanaan pemantauan Pengamanan Obyek Vital Maritim-2011 di Bengkulu.
Namun demikian diselah-selah acara Penutupan Pengamanan Obyek Vital Maritim-2011 Danlanal Bengkulu menyampaikan kepada semua anggota terlibat pengamanan tersebut, agar kita tetap selalu waspada dan eksis membantu dalam menghadapi segala bentuk kemungkinan ancaman terhadap kelangsungan kegiatan Obyek Vital Maritim (Area Depot PT. Pertamina dan Pelabuhan Nusantara Bengkulu) yang sudah menjadi tanggungjawab kita bersama, karena kedua obyek vital maritim tersebut sebagai salah satu penopang jalannya roda ekonomi pembangunan wilayah Bengkulu dan
sekitarnya. ( Pen Lanal Bengkulu )