Kolatarmabar melaksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan di Lanal Bengkulu

Bengkulu.08062011 - Selasa, 07-08 Juni 2011 bertempat di Mako Lanal Bengkulu telah dilaksanakan Uji Terampil Glagaspur Pangkalan TNI AL TA 2011 yang dilaksanakan oleh Tim Uji terampil dari Kolatarmabar yang langsung dipimpin oleh Kolonel Laut (P) TSNB Hutabarat, MMS ( Komandan Kolatarmabar ). Adapun jenis kegiatan yang dilaksanakan antar lain uji terampil P5T, L1-L2 untuk KAL Ratu Samban dan KAL Enggano, Latihan peran tempur P1-P2 untuk pertahanan pangkalan, peran kebakaran, peran penanggulangan bencana gempa bumi dan tsunami, bongkar pasang senjata, menembak dan renang. Rangkaian pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh anggota Lanal Bengkulu dengan rentang waktu singkat selama dua hari berturut-turut.

Menurut Komandan Kolatarmabar Kolonel Laut (P) TSNB Hutabarat tujuan dari kegiatan uji terampil Glagaspur adalah untuk memberikan pelatihan dan penyegaran kembali terhadap seluruh prajurit matra laut sehingga naluri tempur dan kecakapan prajurit selalu siap walaupun dalam keadaan situasi damai. Hal ini dilaksanakan juga di Lanal Sibolga dan Lantamal II Padang.




Keterampilan yang di ujikan oleh tim uji terampil Kolatarmabar sebenarnya telah dimiliki oleh masing-masing prajurit matra laut ketika awal memasuki pendidikan dasar keprajuritan di Komando Pendidikan Angkatan Laut ( Kodikal ) hingga diterapkan dilingkungan kedinasan selama ini. Disamping untuk penyegaran dalam tujuan latihan tersebut juga untuk menyampaikan persamaan konsepsi yang berdasar pada petunjuk dan pelaksanaan (Juklak) yang dikeluarkan oleh TNI AL. Sehingga prajurit matra laut akan selalu mengikuti dan menerapkan perkembangan peraturan yang terbaru sebagai dasar melaksanakan tugas kedinasan sehari-hari.

Danlanal Bengkulu letkol Laut (P) Dery Triesananato Suhendi merasa bangga dan mengucapkan terimakasih atas antusias dan keseriusan para anggota Lanal dalam mengikuti kegiatan latihan yang diselenggarakan oleh tim uji terampil dari Kolatarmabar. diharapkan semangat dan ketrampilan yang dimiliki akan terus ditingkatkan dengan baik.