KEPALA STAF ANGKATAN LAUT KUNJUNGI LANAL BENGKULU

Bengkulu.030610 - Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E. beserta staf dan rombongannya melakukan kunjungan kerja ke beberapa pangkalan Angkatan laut di Wilayah Armada Barat antara lain Lanal Palembang, Lanal Bangka, Lanal Lampung, dan Lanal Bengkulu.

Kamis, 03 Juni 2010 Pangkalan Angkatan Laut Bengkulu mendapat kunjungan KASAL beserta rombongan. Pesawat Cassa U-624 dan Cassa U-616 yang sedianya akan mengangkut rombongan sudah mendarat sehari sebelum rombongan Kasal tiba di Provinsi Bengkulu. Pilot Cassa U-624 Mayor Laut (P) Bambang Edy dan Cassa U-616 dengan Pilot Kapten Laut (P) Edi memang sedang menjalankan tugas operasi penerbangan keamanan maritim wilayah barat.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) tiba di Bandara Fatmawati Sukarno dengan menggunakan Mandala Air Lines disambut kedatangannya oleh Danlantamal II Padang, Danlanal Bengkulu, serta Muspida Tingkat I Provinsi Bengkulu yang sebelumnya disambut dengan tari-tarian adat Bengkulu, memberikan sekapur sirih dan mengalungkan bunga sebagai tanda tamu kehormatan.

Sebelum menuju ke Lanal sejenak beramah tamah dengan para Muspida dan Pejabat lain di Ruang VIP Bandara, hadir dalam penyambutan kedatangan Kasal beserta rombongan diantaranya Bapak Gubernur Bengkulu di wakili Wagub H. Syamlan,LC. Sekda Provinsi Bengkulu Hamsyir Lair, Ketua DPRD Provinsi Bengkulu Kurnia Utama, S.Sos, M.Si, Kajati Fietra Sani, SH, Ketua Penganadilan Tinggi Hj. Partinia Alamsyah,SH. Rektor Unib Ir, Zainal Muktamar, Msc Ph.D. Ka Pengadilan Tinggi Agama Drs H. Wildan Suyuthi,SH.MH. Kapolda Bengkulu Brigjen Pol M. Ruslan Riza,MM. Danrem 041/Gamas Kol. Inf. Outut Winarno serta pejabat lain Walikota Bengkulu H. Ahmad Kenedy, SH.MH. GM PT Pelindo II Cab Bengkulu Indra Hidayat Sani, ST, M.Si. Ka Adpel P.Baai Pieter Hendrik Benyamin Fina,SE serta Kaposwil BIN Sri Nugroho, SH.

Usai beramah tamah dengan para Muspida, Kasal beserta rombongan menuju ke Markas Komando Pangkalan Angkatan Laut Bengkulu ( Mako Lanal Bengkulu ) untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus bertatap muka dengan anggota Lanal Bengkulu. Sebagaimana disampaikan dalam kunjungan ke beberapa Pangkalan Angkatan laut lainnya Kasal menyampaikan beberapa poin-poin khusus yang sangat penting untuk dipedomani oleh setiap prajurit matra laut yaitu News Spirit TNI AL yang tertuang dalam buku “SEMANGAT BARU TNI ANGKATAN LAUT” dimana inti uraian buku tersebut adalah Kehormatan (Honour). , Kejujuran (Honesty), Dedikasi (Dedication), Loyalitas (Loyalty), Profesionalisme (Professionalism) dan Keberanian (Courage).. Filosofi tersebut adalah upaya memacu cara berfikir untuk menjadi lebih kreatif dan inovatif serta meningkatkan moril dan moral prajurit. Dengan harapan dapat menjadi pedoman dalam pengabdian kita kepada Negara dan TNI Angkatan Laut.

Tidak mudah dalam upaya membangun jiwa dan semangat setiap prajurit di era globalisasi dewasa ini, dengan segala keterbatasan dan minimalnya anggaran yang dialokasikan negara untuk pertahanan. Dinamika perkembangan lingkungan menyebabkan terjadinya perubahan tata nilai sosial, dan mempengaruhi moril dan moral serta tingkat profersionalisme prajurit yang kemudian menjadi efek dari ada terjadimya pelanggaran terhadap prajurit secara tidak langsung.

Tentunya bagi yang belum mengerti Apakah semangat baru yang dimaksud ialah sebuah semangat yang ditumbuhkembangkan dalam jiwa setiap prajurit untuk dapat mendorong memiliki motivasi dan menjadikan cara berfikir yang lebih kreatif, inovatif serta memiliki karakter prajurit matra laut. Konsep semangat baru diimplementasikan melalui pembinaan terhadap personel dan organisasi yang disertai dengan menumbuhkembangkan nilai-nilai kehormatan, kejujuran, dedikasi, loyalitas, profesionalisme dan keberanian.

Disela-sela kunjungan Kasal ke Mako Lanal Bengkulu, Ny. Tetty Agus Suhartono sebagai Pembina Utama Jalasenastri menyempatkan diri untuk melihat situasi dan kondisi rumah dinas Anggota Lanal Bengkulu, dan mengunjungi TK Hangtuah serta Kantor Jalasenastri. Dalam sambutannya Ibu Kasal didepan para Jalasenastri Lanal Bengkulu menyampaikan pentingnya meningkatkan kesejahteraan keluarga dengan hal-hal yang positif, membangun dan mendukung kegiatan keluarga baik dalam kedinasan maupun bermasyarakat. Pada kesempatan tersebut Ny Tetty Agus Suhartono memberikan paket bingkisan bantuan sosial kepada para warakawuri anggota TNI AL dan bantuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan TK Hangtuah.

Setelah memberikan apresiasi dan motivasi News Spirit kepada Anggota Lanal Bengkulu Kasal beserta rombongan mengunjungi Pelabuhan Pulau Baai sebagai tempat yang strategis dalam upaya ikut mendukung sarana pelabuhan singgah bagi KRI yang sedang melaksanakan Operasi Keamanan Laut Nusantara. Pelabuhan tersebut juga sebagai tempat berlabuhnya Kapal Patroli TNI AL yaitu KAL Ratu Samban dan KAL Enggano. Apa yang telah disampaikan oleh Kasal pada kesempatan kunjungan ini ialah meningkatkan pofesionalisme prajurit matra laut dalam segala hal walaupun Alutsista yang dimiliki Angakatan Laut minim dalam arti terbatas dibandingkan dengan luas wilayah kedaulatan NKRI sesungguhnya.

Dengan visi Terwujudnya TNI Angkatan Laut yang Besar, Kuat dan Profesional sehingga mampu mengemban tugas dan tanggung jawab untuk menegakkan kedaulatan dan keamanan negara di laut. Tentunya dibarengi dengan misi Angkatan Laut untuk melindungi dan menjaga keutuhan dan integritas bangsa dan negara, menegakkan kedaulatan dan keamanan di laut, mengamankan dan memperlancar pembangunan nasional khususnya pembangunan kelautan, mewujudkan postur TNI AL yang besar,kuat dan profesional serta ikut mewujudkan perdamaian dunia melalui diplomasi Angkatan Laut. demikian yang disampaikan oleh Kasal Laksamana Madya TNI Agus Suhartono dalam kunjungannya ke Lanal Bengklu. Siapapun pasti menginginkan terjaganya keamanan baik didarat dilaut maupun diudara. Karena dengan demikian perekonomian akan berjalan dengan baik dan lancar, secara otomatis tingkat kesejahteraan ekonomi mikro dan makro akan terimbangi dengan baik.

Setelah melaksanakan kegiatan kunjungan ke Mako Lanal Bengkulu Kasal beserta rombongan meneruskan perjalanannya ke Lanal Bangka dengan menggunakan Pesawat milik TNI AL Casa U-616 dan Casa U-624 yang terbang dari Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu.