LANAL BENGKULU ADAKAN PENYULUHAN TENTANG BAHAYA HIV / AIDS

Bengkulu 04 April 2011 - Akhir-akhir ini bahaya penyakit menular HIV/ AIDS telah merebak cukup mengkhawatirkan diseluruh wilayah Indonesia, termasuk diwilayah Bengkulu sendiri, menurut data statistik di wilayah Bengkulu sudah tercatat ± 200 orang yang positif terjangkit penyakit menular HIV/ AIDS yang sangat berbahaya.

Danlanal Bengkulu Letnan Kolonel Laut (P) Dery Triesananto Suhendi memandang hal ini sebagai permasalahan yang serius, oleh sebab itu perlu dilaksanakan pembekalan kepada seluruh anggota Lanal Bengkulu pada hari Kamis tanggal 31 Maret 2011 di Aula Yos Sudarso Mako Lanal Bengkulu, Menggandeng / bekerjasama dengan tim KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) Kelas III Bengkulu, melaksanakan ceramah penyuluhan/ sosialisasi tentang bahaya penyakit menular HIV / AIDS dengan narasumber ; dr. Febby Esmerelda, dr. Hamonangan Parlusif dan Bidan May Fenety dari tim KKP Bengkulu. Mengangkat masalahan IMS (Infeksi Menular Seksual), akibat hubungan seksual tidak sehat (gonta-ganti pasangan), melalui jarum suntik yang dipakai lebih dari satu orang, transfusi darah yang tidak steril dan hubungan badan dengan penderita HIV / AIDS . Penyakit AIDS yang disebabkan oleh Virus HIV sampai dengan saat ini tidak dapat disembuhkan dan belum ada obatnya.

Dikarenakan sangat mengkhawatirkan, dengan bahayanya penyebaran penyakit menular HIV / AIDS tersebut, Danlanal Bengkulu menegaskan kembali kepada semua anggotanya, agar menerapkan sistim “Pencegahan A, B, C”: A - Absen dari seks, tidak berhubungan seks saat jauh dari pasangan. B - Berlaku saling setia, hanya berhubungan dengan seseorang yang dapat dipastikan hanya berhubungan seks dengan kita saja, dan C - Cegah dengan kondom, selalu pakai kondom bila berhubungan seks.( Pasintel )